Tak bisa mengadopsi? Yuk menyantuni!
menyantuni

Tak bisa mengadopsi? Yuk menyantuni!

Minggu lalu kita membahas bagaimana sulit-mudahnya menjadi adopter anjing, sekarang kita membahas tentang santunan. Jika adopsi adalah membawa pulang anjing untuk dipelihara, menjadi penyantun anjing adalah dengan tetap menitipkan anjing di shelter (rumah penitipan) tapi menyantuni pembiayaan bulanan si anjing.

Di satu sisi, aku melihat menyantuni lebih baik daripada mengadopsi. Hal ini terkait dua hal. 

Yang pertama, kalau kita belum yakin apakah hasrat untuk mengadopsi itu hanya emosi/keinginan sesaat? Mengadopsi anjing itu komitmen seumur hidup si anjing. Bagaimana kalau setelah tiga bulan, setahun atau dua tahun kita bosan?

Yang kedua, bagaimana juga dengan pandangan orang-orang sekitar. Tak semua orang suka anjing, seperti halnya tak semua orang suka kucing dan binatang peliharaan lainnya. Ketika kita berniat untuk mengadopsi tapi keluarga ataupun tetangga sekitar merasa keberatan, kita tentu harus memikirkan hal-hal tersebut. Menghentikan niat untuk adopsi sama sekali tentu kurang tepat, jadi kenapa enggak menjadi penyantun aja, kan? Meski tak membawa pulang, kita tetap bisa menolong anjing.

Victor dan Alpha

Menurut Victor Indrabuana, co-founder Ronron Dog Care Yogyakarta yang dihubungi Kaos Asu semalam menyampaikan, “Perlu pengelolaan oleh orang-orang profesional dan penanganan sumber daya pendukung yang accountable supaya program santunan menjadi lebih baik. Terlebih di era ‘medsos’ ini, penyantun dapat memantau apakah dana santunan mereka digunakan dengan tepat atau tidak. Penerima santunan juga wajib mengupdate / melaporkan penggunaan dana tersebut.” 

Meski demikian, orang yang turut berperan dalam penyelamatan Alpha beserta anak dan cucunya itu meminta kita untuk hati-hati saat memilih cara menyantuni, “Program santunan bisa membuat peluang terjadinya penyalahgunaan dana santunan. Mereka tetap menerima uangnya tapi kadang anjingnya sudah nggak ada (mati/diadopsi/dijual)…” ujarnya.

By the way, kalian sudah melakukan donasi untuk Alpha? Belum? Buruan baca di sini.

Tinggalkan Balasan

Close Menu
×

Cart